Monday, August 11, 2008

Kedelai mengurangi kesuburan pria

Makanan berbahan baku kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai, bisa mempengaruhi tingkat kesuburan laki-laki. Begitu menurut penelitian dr. Jorge Chavarro dari Harvard School of Public Health, Amerika Serikat. Sebab katanya kedelai bisa mengganggu hormon testosteron dalam merangsang testis memproduksi sperma.


Hasil peneliian itu dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction, edisi Juli 2008. Dalam riset ini dr Chavarro meneliti 99 laki-laki yang mendatangi klinik kesuburan bersama pasangannya. Ia mengambil sampel sperma yang sudah diteliti petugas klinik. Selain itu dr Chavarro dan koleganya juga mengajukan pertanyaan soal kebiasaan makan respondennya.

Ternyata jumlah sperma pada pria yang menyantap makanan berbahan baku kedelai hanya 41 juta sel dalam sekali ejakulasi. Padahal jumlah sperma pada pria lainnya mencapai 81 juta hingga 120 juta sel.

Dokter Chavarro mengungkapkan bahwa isoflavon yang ada dalam kedelai mungkin berpengaruh pada produksi sperma. Sama halnya isoflavon yang mempengaruhi hormon estrogen pada wanita. Tapi pada wanita, isoflavon justru berperan positif bagi kesuburan.



(sumber: Gatra no.38 th XIV, hlm. 66, 2008)


No comments: